Workshop

RRREC Fest in The Valley 2017

Workshop Teater bersama PM Toh, RURU Kids, dan Sekala Petualang
“Hikayat Burung-burung di Hutan”

22 September 2017, pukul 16.00 – 17.30
Lokasi: Petromaks

 

23 September 2017, pukul 10.00 – 12.00
Lokasi: Petromaks – Taman Nasional

 

PM Toh, nama panggung Agus Nur Amal, mengembangkan bentuk seni tutur (seni dongeng) tradisional Aceh dalam bentuk seni kontemporer yang kontekstual. Karyanya bisa dinikmati berbagai kalangan, termasuk anak-anak. Dalam RRREC Fest in The Valley 2017, PM Toh berkolaborasi dengan RURU Kids dan Sekala Petualang (Sekolah Konservasi Alam dan Petualang) mengadakan workshop pementasan teater untuk pembuatan berbagai kostum dan display panggung dari material alam yang ditemukan di sana.

 

Pertunjukan Agus yang atraktif dan kreatif menjadi dasar diadakannya kegiatan workshop ini. Dengan cara bertutur yang menyenangkan, ia memanfaatkan berbagai benda yang ada di sekitar sebagai alat pendukung aksi panggungnya. Benda-benda yang dipilihnya berubah nilai dan makna menjadi simbolis dan berkaitan erat dengan isi cerita yang ingin ia sampaikan.

 

Agus Nur Amal berbagi pengalaman dan proses berkaryanya kepada anak-anak peserta workshop dan mengajak mereka untuk mengadakan pementasan bersama. Secara khusus, mereka menceritakan kehidupan burung-burung dan alam sekitar di area Situ Gunung, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Workshop RURU Kids

24 September 2017 pukul 10.00—13.00
Lokasi: Tanakita Level 1

 

RURU Kids—salah satu divisi ruangrupa yang fokus pada pengembangan program seni berbasis pendidikan untuk anak dan remaja—mengelola workshop bagi anak-anak. Peserta dengan tingkatan SD hingga SMP bisa mendaftar untuk terlibat dalam program ini.

Workshop Sablon Grafis Huru-Hara

24 September 2017 pukul 10.00—13.00
Lokasi: Tanakita Level 1
Seniman: Grafis Huru Hara (Jakarta)

 

Kolektif Grafis Huru Hara berbagi pengetahuan tentang perancangan karya seni rupa berbasis grafis yang menggunakan teknik cetak dengan mengambil inspirasi dari alam dan lingkungan setempat. Mereka mengajak peserta festival untuk bermain dengan proses cetak-mencetak.

Workshop Field Recording

24 September 2017 pukul 09.00—12.00
Lokasi: Pinus
Pemateri: Firzi O (Studio Masak Suara), Mesin Suara (Sukabumi)

 

Kegiatan ini berupa sesi saling bertukar pengetahuan sambil berekperimen dalam mengerjakan proses rekaman di ruang terbuka. Sesi ini mengundang beberapa musisi yang tampil di RRREC Fest untuk bermain langsung dengan setting alam di area Tanakita Camping Ground.